Kajian PLSBT dan kaitannya dengan 5W 1H

What?
Apakah PLSBT itu?
Banyak sekali masalah-masalah yang ada di sekitar kita, misalnya saja masalah lingkungan, masalah sosial, masalah budaya, dan masalah yang ditimbulkan dari efek ilmu dan teknologi. Mata kuliah PLSBT adalah salah satu dari pemecahan kekompleksitasan masalah-masalah tersebut, PLSBT (Pendidikan Lingkungan, Sosial, Budaya, dan Teknologi) adalah suatu studi atau kajian terhadap masalah-masalah lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi secara scientific-comprehensive-general-interdisciplinary-empiric dalam perspektif pendidikan untuk di carikan alternatif pemecahannya. Dan diharapkan setelah mengikuti PLSBT ini, mahasiswa dapat mempunyai kepedulian terhadap lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi serta dapat memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah-masalah tersebut yang ada disekitarnya. Serta untuk menumbuhkan kesadaran diri selaku makhluk Tuhan yang diharuskan untuk menjaga keseimbangan antara manusia dan lingkungan alamnya.

Where?
Di manakah PLSBT diterapkan?
Pengembangan serta penerapan PLSBT sangat diperlukan oleh masyarakat sekitar yang memiliki masalah-masalah yang kompleks mengenai lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi, karena sangat diperlukan sekali dalam peningkatan kesejahteraan hidup serta kelestarian alam. Misalnya saja membuang sampah sembarangan di lingkungan masyarakat, hal kecil ini akan menimbulkan suatu masalah yang kompleks terhadap kelangsungan hidup manusia dan alam, hal yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan itu adalah banjir dan bila banjir secara terus menerus akan mengakibatkan longsor. Masalah itu akan merugikan manusia juga, maka dengan adanya kajian PLSBT ini akan memberikan suatu kontribusi untuk tidak meremehkan hal-hal kecil yang akan berakibat fatal terhadap manusia dan mengganggu kelestarian alam.

When?
Kapan kah PLSBT diterapkan?
Kesadaran akan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan sangat diperlukan sejak dini, dengan pembinaan moral, mental, nilai, dan makna dari kajiannya. Penerapan PLSBT ini di kehidupan sehari-hari tidak pada waktu setelah timbulnya masalah-masalah terhadap lingkungan, sosial, budaya dan teknologi, namun harus diterapkan sejak dini, maka dengan PLSBT ini, mahasiswa dapat meningkatkan wawasan terhadap permasalahan, dan membantu memecahkannya.

Who?
Siapa saja kah yang harus menerapkan PLSBT?
Setiap orang harus memiliki kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi, yang sebaiknya sudah ada sejak dini. Penerapannya tidak harus selalu pada mahasiswa namun anak usia dini pun harus sudah diperkenalkan misalnya bagaimana menjaga kelestarian lingkungan, bersikap terhadap sesame, dan menyikapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Why?
Mengapa PLSBT diterapkan pada masyarakat?
Pendidikan lingkungan, sosial, budaya dan teknologi sangat dibutuhkan masyarakat, karena dengan begitu masyarakat akan memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin terjadi. Biasanya masalah yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat, oleh karena itu mahasiswa yang telah mempelajari PLSBT dapat mengatasi masalah itu dengan memberikan kontribusi terhadap lingkungannya.

How?
Bagaimakah mahasiswa yang diharapkan setelah mempelajari PLSBT?
Setelah mempelajari PLSBT, diharapkan mahasiswa dapat menerapkannya di lingkungan sekitarnya, karena akan sangat membantu dalam penyeimbangan alam dan kesadaran manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s