Lacak Jejak Bandung Lautan Api (Part 1)

Kemarin, tepatnya tanggal 31 Maret 2013 saya mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Aleut dan Mooi Bandung. Acara yang diadakan adalah lacak jejak Bandung Lautan Api, di sana kita diharuskan mencari 10 stilasi Bandung Lautan Api. Saya ada di kelompok 3 dengan nama kelompok API (Angkatan Pemuda Indonesia) nama tersebut merupakan nama dari salah satu laskar pada saat peristiwa Bandung Lautan Api terjadi.

Kelompok 3 ini terdiri dari Muhammad Riyan sebagai ketua kelompok, Patia, Hanifah, saya sendiri dan Rizky Kurniawan. Riyan dan Patia merupakan murid IS 2 SMAN 4 Bandung, sedangkan kami yaitu saya, Hanifah dan Rizky merupakan guru PPL mata pelajaran Sejarah di SMAN 4 Bandung. Kerja sama dalam kelompok kami begitu baik dan semangat kami tidak pernah padam meskipun kami merupakan kelompok yang terakhir datang ke lokasi perkumpulan terakhir yaitu Museum Sri Baduga.

Kelompok kami terlambat datang dikarenakan rasa keingin tahuan yang tinggi sehingga kami banyak bertanya pada panitia yang sedang berjaga di pos setiap stilasišŸ˜€

Langsung saja kita runut mengenai perjalanan Lacak Jejak Bandung Lautan Api :p

Pukul 07.30 pagi di hari Minggu yang cerah tanggal 31 Maret 2013 kami berkumpul di Gedung Bank BJB Braga. Setelah semua anggota kelompok hadir, panitia pun membentuk kelompok. Saya ada di kelompok 5 namun karena yang hadir di kelompok 5 itu hanya 2 orang saja jadi kelompok 5 pun di pecah. Dan saya pun masuk ke kelompok 3 yaitu yang diketuai oleh Riyan.

Panitia pun membagikan peta tahun 1945 dan potongan foto setiap stilasi untuk di telusuri.

Peta Tahun 1945

Peta Tahun 1945

Cuplikan Foto 10 Stilasi

Cuplikan Foto 10 Stilasi

Kami diharuskan menemukan 9 Stilasi (karena stilasi pertama letaknya cukup jauh dari 9 stilasi lainnya, yaitu di daerah Dago). Kami mulai dari stilasi kedua.

Ketika melihat peta tahun 1945 untuk pertama kalinya dengan nama-nama jalan khas Belanda kelompok kami sempat kebingungan, sehingga membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengerti peta tersebut dan di mana letak kami di dalam peta.

Tapi beruntungnya jalanan tahun 1945 tidak jauh berbeda dengan jalanan tahun 2013 ini, hanya mungkin bangunan saja yang banyak berubah. Tapi semoga pemerintah akan terus menjaga bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah di Kota Bandung tercinta inišŸ˜€

Setelah melihat peta, kelompok kami juga merasa bingung dengan cuplikan foto stilasi tersebut karena letaknya yang kurang terekspos sehingga tidak jarang masyarakat sekitar yang tinggal di dekat stilasi-stilasi tersebut tidak menyadari bahwa batu yang berdiri tegak itu adalah stilasi yang merupakan salah satu simbol sejarah Bandung Lautan Api.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s