Lacak Jejak Bandung Lautan Api (Part 2)

Dari 10 stilasi yang ada, kami hanya ditugaskan mencari 9 stilasi saja. Stilasi pertama tidak harus ditemukan karena letaknya cukup jauh dari ke 9 letak stilasi lainnya. Stilasi pertama ini terdapat di daerah Dago tepatnya di gedung yang oleh Jepang digunakan sebagai kantor berita Domei di Bandung, kalau sekarang digunakan oleh Bank BTPN dan di gedung tersebut ada tulisan “De Drie Kleur” . Sayangnya saya tidak memiliki fotonya karena pada saat mengikuti Aleut Heritage Building saya lupa membawa kamera.😀

Panitia pun memberi aba-aba untuk memulai perjalanan Amazing Race yang dimulai dari stilasi 2 tersebut. Kebetulan stilasi 2 berada di Braga tepatnya di Gedung Bank BJB sehingga kami pun sibuk mengambil foto dan mencatat isi dari stilasi tersebut beserta filosofi yang terkandung di dalamnya.

Dulu gedung Bank BJB di jalan Braga ini bernama Gedung Bank Dennis, digedung tersebut terjadi perobekan Bendera Belanda oleh Karmas yang dibantu oleh Mulyono. Perobekan itu terjadi pada warna Biru bendera Belanda saja. Sehingga yang berkibar pada akhirnya adalah bendera merah putih.

Stilasi 2

Stilasi 2

Stilasi 2

Stilasi 2

Letak stilasi 2 tersebut di pinggir jalan Braga yang cukup ramai, mungkin akan mudah ditemukan karena banyak orang berlalu lalang di dekat stilasi 2 ini. Di satu sisi stilasi ini terdapat peta kesepuluh stilasi beserta sejarah singkat mengapa stilasi tersebut diletakan di tempat tersebut. Sedangkan di sisi lainnya ada lirik lagu Halo-Halo Bandung .

Setelah kelompok kami selesai mencatat mengenai informasi stilasi 2 ini dan meminta tanda tangan panitia, kami pun melanjutkan perjalanan menuju stilasi ke 3. Baru beberapa langkah meninggalkan stilasi 2, kelompok kami sibuk memutar mutar peta tahun 1945 yang ada di tangan kami masing-masing. Kami tidak tau harus ke arah mana dan bagaimana peta ini sebenarnya. Tidak jarang saya mengeluarkan handphone dan melihat peta di mana letak kami berada, tapi tetap saja, membaca peta itu sulit jangankan peta tahun 1945 peta di handphone saja sulit kami baca. haha :p

Tapi kami tidak putus asa, kami terus melihat peta dan pada akhirnya kami tau “cara kerja” membaca peta tersebut. Sampailah kami di stilasi 3 yang ternyata letaknya dekat Mesjid Agung Alun-Alun Bandung dekat Gedung Asuransi Jiwasraya, yang dahulu dipakai sebagai markas resimen 8 yang dibangun pada tahun 1922, dahulu TKR pernah melakukan rapat digedung ini, yang dinamakan Gedung NILLMIJ.

Swarha

Swarha

Stilasi 3

Stilasi 3

Stilasi tersebut terletak dekat Hotel Swarha, hotel tersebut dulunya sering dipakai menginap tamu negara saat Konfrensi Asia Afrika berlangsung. Kembali lagi mengenai stilasi ke 3 ini. Pada stilasi tersebut ada tempelan peta dan sejarah singkat mengenai stilasi tersebut, yang berisi “Markas Resimen atau Gedung NILMU (sekarang gedung asuransi Jiwasraya) yang berlokasi di Jl. Asia Afrika depan Alun-alun”. Sedangkan ada juga lirik lagu Halo-halo Bandung sama seperti stilasi sebelumnya.

Perjalanan mencari stilasi belum selesai masih ada 7 stilasi tersisa, kelompok kami melihat peta kembali dan mengira-ngira letak stilasi ke 4 serta menyocokan dengan petunjuk yang diberikan oleh panitia.

Laskar Angkatan Pemuda Indonesia

Laskar Angkatan Pemuda Indonesia

Laskar Angakatn Pemuda Indonesia

Laskar Angakatn Pemuda Indonesia

Cukup sulit menenukan stilasi ke 4 ini. Sebenarnya kelompok kami menuju stilasi 6 terlebih dahulu karena dirasa menghemat waktu tapi di sini saya akan menceritakan berurutan saja ya😀

Dapat dikatakan bahwa stilasi ke 4 ini sulit ditemukan karena terletak di sebuah rumah Jl. Simpang. Kami pada awalnya tidak menemukan stilasi ini, namun pada akhirnya ketemu juga😀

Stilasi 4

Stilasi 4

Stilasi ini terletak di gang sebuah rumah yang dapat dikatakan sempit. Dalam stilasi ini ada peta perjalanan juga dan sejarah singkat mengenai stilasi tersebut. Dalam rumah ini A. H. Nasution dan beberapa pemuda merumuskan pembumihangusan Bandung, selain itu perintah untuk mengosongkan Kota Bandung di komandoi dari rumah ini. Rumah ini sekarang menjadi Showroom motor.

Kelompok kami juga mengambil foto anggota kelompok yang sedang sibuk menulis informasi mengenai stilasi 4 ini.

Rizky, Riyan, dan Patia

Rizky, Riyan, dan Patia

Saya (Elfa), dan HanifahFoto ini diambil di gang rumah yang terdapat stilasi 4, di daerah Jl. Simpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s