Lacak Jejak Bandung Lautan Api (Part 3)

Dalam perjalanan menuju stilasi 5 ini kelompok mendiskusikan letak stilasi dari peta tahun 1945, sampai akhirnya kami menemukan stilasi 5 yang letaknya di tengah jalan namun kurang begitu jelas.

Menuju Stilasi 5

Menuju Stilasi 5

Stilasi ke 5 ini letaknya di Jl Oto Iskandardinata-Jl Kautamaan Istri. Di dekat stilasi ini terdapat sekolah SD yang dulunya dipakai sebagai dapur umum saat Bandung Lautan Api terjadi. Stilasi ini dikelilingi pagar namun sayangnya terdapat bau sampah yang cukup menyengat.

Stilasi 5

Stilasi 5

Di sekeliling stilasi 5 ini lumayan banyak sampah, sehingga tercium aroma yang kurang sedap :p

Selanjutnya kelompok kami melanjutkan menuju stilasi 6 yang letaknya di Jl. Dewi Sartika. Letaknya memang di pinggir jalan, tapi kondisi stilasi ini cukup memprihatinkan karena sangat terlihat kurang terperhatikan.

Stilasi 6

Stilasi 6

Stilasi 6

Stilasi 6

Letaknya yang dipinggir jalan namun dekat juga pedagang sehingga pemandangan di stilasi ini sedikit kurang enak dilihat. Semoga saja kedepannya ada perhatian khusus terhadap stilasi-stilasi ini, karena di balik stilasi ini terdapat sejarah yang menarik.

Di tempat stilasi ini dulunya merupakan pabrik, namun sekarang pabrik ini sudah ditutup.

Stilasi berikutnya, yaitu stilasi 7 yang berada di Jl Lengkong Tengah dan Jl Lengkong Dalam. Stilasi ini cukup memperihatinkan karena letaknya di sekitar perumahan dan terlihat samar karena cat nya hampir sama dengan batu yang ada disekitarnya.

Tempat stilasi 7 ini dulunya adalah perumahan Indo Belanda, dan merupakan kompleks tahanan orang Belanda oleh Jepang.

Stilasi 7

Stilasi 7

Sekarang tempat ini masih menjadi kompleks perumahan, namun ditinggali oleh campuran, tidak hanya Indo Belanda saja, dan tentu saja bukan tahanan Jepang hehe Selain itu ada yang mengatakan bahwa stilasi ini ditempatkan di tempat jatuhnya bom di daerah itu.

Selain itu stilasi 7 kurang terawat karena bisa dilihat ada lempengan yang terlepas dari tempat yang seharusnya.

Stilasi 7

Stilasi 7

Setelah dari stilasi 7, kelompok kami melanjutkan perjalanan yang dapat dikatakn jauh dan beberapa kali kami kebingungan melihat peta jaman kemerdekaan tersebut.

Stilasi 8 ini berada di Jl. Jembatan Baru. Stilasi ini didirikan di jembatan ini karena pada masa itu dijadikan garis pertahan saat pertempuran Lengkong terjadi.

Stilasi 8

Stilasi 8

Tempatnya yang tertutup dan tidak terlalu terlihat dari bagian luar jembatan tersebut. Akirnya kelompok kami melakukan foto-foto karena dianggap dapat melepas lelah karena berjalan selama beberapa jam.

Riyan , Patia, Hanifah

Riyan, Patia, Hanifah

Saya, Patia, Hanifah

Saya, Patia, Hanifah

Perjalanannya memang cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan, dan ilmu yang didapat memang dapat dikatakan banyak. hhe

Selanjutnya kami menuju ke stilasi 9 yang sekarang menjadi SD ASMI di Jl. Asmi, dulunya tempat ini merupakan markas pemuda pejuang, PESINDO dan BBRI sebelum terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api. Selain itu di tempat ini juga menjadi gudang senjata saat Bandung Lautan Api terjadi.

Stilasi 9

Stilasi 9

Stilasi 9

Stilasi 9

Kelompok kami juga mengambil foto saat sibuk mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Karena letak SD ASMI ini yang teduh banyak pohon rindang oleh karena itu kami betah berlama-lama di tempat ini :))

Saya dan Riyan

Saya dan Riyan

Hanifah dan Patia

Hanifah dan Patia

Sebenarnya ada satu orang lagi tapi dia saking serius mengerjakan sampei tidak ngeuh kamera ckck ini nih Rizky serius bangett.. -__-

Rizky

Rizky

Lanjut ke stilasi 10, wah ini stilasi terakhir🙂 letaknya cukup jauh dari stilasi 9. Letak stilasi 10 in dekat Tega Lega, kebayangkan dari Jl. Asmi ke Tega Lega jalan kaki jam 12 siang.

Tapi dengan semangat juang yang tinggi akhirnya kami sampai juga stilasi 10 yang sekarang dipakai sebagai Gereja. Dulunya di tempat ini adalah pemancar NIROM, yaa semacam radio.

Stilasi 10

Stilasi 10

Stilasi 10

Stilasi 10

Sama dengan stilasi lainnya, di stilasi ini juga terdapat rute perjalanan dan sejarah singkat dari tempat didirikannya stilasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s